Jurnal PPI Dunia Terakreditasi Sinta

Kabar gembira datang dari Khairul Anam, salah satu mahasiswa Indonesia yang tengah berkuliah di Vienna University of Technology, Wina, Austria. OISAA Journal of Indonesia Emas (“JIE”), jurnal ilmiah dimana Mas Anam menjabat sebagai Editor in Chief, mendapatkan akreditasi Science and Technology Index (“Sinta”) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada Desember 2021 lalu. Jurnal ilmiah yang kini berstatus Sinta 4 ini telah terbit dengan prakarsa Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia sejak tahun 2018.

Dalam wawancara pada bulan Januari ini, Mas Anam mengungkapkan bahwa pendaftaran akreditasi Sinta adalah bagian dari upaya untuk menambah daya tarik JIE sebagai tujuan submisi artikel oleh para author. Tidak sedikit tantangan yang dihadapi dalam upaya akreditasi Sinta, diantaranya konsistensi publikasi artikel, jumlah artikel, dan pendaftaran DOI.

Selanjutnya, Mas Anam juga mengungkapkan bahwa peningkatan kualitas pengelolaan JIE tidak akan berhenti pada pencapaian akreditasi Sinta. Untuk jangka menengah, akan diupayakan pendaftaran pada lembaga bertaraf internasional seperti Directory of Open Access Journals, dan untuk jangka panjang, akan diupayakan masuknya JIE dalam indeks Scopus. Tak lupa, Mas Anam mengajak segenap masyarakat ilmiah Indonesia untuk terus memanfaatkan JIE sebagai wadah dalam menyampaikan ide-ide serta hasil penelitiannya dalam bentuk artikel ilmiah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.