Apa itu U-Bahn?

U-Bahn adalah singkatan dari istilah dalam bahasa jerman Untergrundbahn yang artinya kereta bawah tanah. Konstruksi U-Bahn, dimulai pada 1969, yang menjadikannya salah satu yang paling modern di Eropa. Namun, sebelum dibangun, orang Wina sudah menggunakan sistem serupa, the Stadtbahn or City Railway, sejak tahun 1898.

Sistem kereta bawah tanah ini terdiri dari lima jalur – U1, U2, U3, U4 dan U6. Kereta berhenti di 109 stasiun sepanjang 83 km rel. Semua platform dilengkapi dengan tampilan informasi elektronik yang menunjukkan waktu tunggu selain tujuan (bisa diakses di beberapa aplikasi seperti Google Maps, WienMobil, atau ÖBB Scotty). 

Jalur U1 (Merah): menghubungkan utara dan selatan Wina, dari stasiun Leopoldau ke Reumannplatz. Rute ini berhenti di katedral dan juga menuju Prater. Anda juga dapat naik kereta ke bandara dan ke kota-kota terdekat dari halte Hauptbahnhopf di jalur ini.

Jalur U2 (Ungu): meliputi pusat kota dalam rute setengah lingkaran yang menghubungkan halte Stadion (stadium) metro dengan Karlsplatz. Jalur ini juga berhenti di Prater, dan juga berguna untuk mencapai Museumsquartier, Karlskirche, dan Parliament building.

Jalur U3 (Orange): melintasi kota dari barat laut ke tenggara, dari Ottakring ke Simmering, melewati beberapa tempat wisata termasuk Stephansplatz dan Hofburg Palace. Anda juga dapat naik kereta ke bandara dari halte Wien Mitte di jalur ini.

Jalur U4 (Hijau): menghubungkan Hutteldorf di barat dengan Heiligendtadt di utara, dengan pemberhentian penting di Schonbrunn Palace.

Jalur U6 (Coklat): menuju ke pinggiran utara dan selatan Wina.

Stasiun U-Bahn Wien ditandai dengan logo “U” di bagian depannya.

U-Bahn Wien beroperasi setiap hari antara pukul 05:00 a.m dan 12:30 a.m.

Kereta biasanya berangkat sekitar setiap 5 menit selama jadwal normal. Pada waktu yang lebih sibuk, kereta datang lebih sering, berjalan setiap 2 hingga 4 menit; sementara setelah pukul 08:30 p.m mereka datang lebih jarang, sekitar setiap 7 hingga 8 menit. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

Salam hangat,

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.